4 Jenis Bahan Bangunan Yang Tahan Lama

jenis-bahan-bangunan-kuat

Inilah 4 Jenis Bahan Bangunan Yang Tahan Lama Untuk Rumah Anda (versi rumah.com)

Bahan bangunan menjadi hal yang terpenting untuk diketahui dalam memilih sebuah hunian. Banyak orang tentu tertarik dengan bahan bangunan yang kokoh dan tahan lama.

Pernahkah Anda melihat spanduk yang menjual sebuah rumah dengan harga yang cukup murah? Namun, yakinkah Anda bahwa rumah tersebut masih dalam kondisi yang baik dan kokoh?

Harga yang rendah biasa mencerminkan kualitas. Rumah tua yang dijual dengan harga sangat rendah biasanya calon pembeli harus melakukan renovasi penuh terhadap rumah tersebut. Untuk itu, saat harus merenovasi rumah, Anda harus mempertimbangkan kualitas bahan bangunan yang digunakan.

Bahan bangunan dengan kualitas terbaik biasanya merupakan bahan bangunan tahan lama yang bisa memperpanjang usia hunian Anda. Berikut adalah rangkuman 4 jenis bahan bangunan tahan lama yang bisa dipertimbangkan untuk rumah Anda.

Batu Bata

Batu bata adalah salah satu bahan bangunan yang digunakan sebelum jadi sebuah tembok. Material ini memiliki penting dalam pembangunan sebuah bangunan. Dan perlu Anda ketahui, batu bata adalah bahan bangunan paling tahan lama dibandingkan bahan lainnya. Beberapa bangunan terkenal di dunia seperti Tembok Besar di China, Taj Mahal di India dan masih banyak lagi menggunakan batu bata sebagai bahan bangunannya. Bangunan tersebut masih kokoh hingga kini. Bangunan yang terbuat dari batu bata cenderung akan mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu.

Batu

Batu menjadi salah satu material yang digunakan sebagai bahan bangunan dan dipercaya dapat memberi pertahanan kokoh pada bangunan. Batu sudah digunakan selama berabad-abad dan batu membuktikan kemampuannya dalam mempertahankan bangunan. Batu tidak hanya digunakan sebagai pondasi, batu bisa dipasang sebagai bentuk tampilan untuk desain ruangan yang bertema modern namun terkesan natural. Daya tahan batu yang dipotong dengan benar dapat melindungi rumah dari sejumlah ancaman lingkungan. Salah satu manfaat menggunakan batu adalah karena batu merupakan bahan alami sehingga mengurangi penggunaan bahan berbahaya bagi lingkungan.

Baja

Baja menjadi bahan material yang dominan digunakan dalam arsitektur industri dan komersial selama bertahun-tahun. Tidak hanya itu saja, baja juga populer digunakan untuk struktur perumahan modern masa kini, khususnya untuk bahan pembuatan pintu maupun jendela. Baja dipercaya tetap kokoh hingga waktu yang sangat lama. Namun, untuk mempertahankan bangunan yang terbuat dari baja juga diperlukan pemeliharaan yang tepat.

Beton

Tidak hanya batu bata, batu, dan baja saja. Material beton juga dipercaya mampu mempertahankan usia bangunan agar tahan lama. Beton terbuat dari kombinasi pasir, batu, semen dan berbagai bahan lainnya yang dipercaya mampu memberikan ketahanan pada bangunan. Banyak orang menganggap beton hanya bisa digunakan pembuatan jalan saja. Namun ternyata, beton memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti untuk pembangunan dinding, lantai hingga pagar rumah. Beton akan membuat hunian Anda menjadi tampak bagus dan kokoh.

Pastikan Anda membangun rumah dengan salah satu jenis bahan bangunan di atas. Dengan begitu, hunian Anda akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun perlu diingat, meski ke 4 bahan bangunan di atas tahan lama, Anda tidak bisa diam saja membiarkan bangunan tidak terawat. Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat agar bangunan tetap tahan lama dan terhindar dari kerusakan.

 

jenis-bahan-bangunan-kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *